Surveilen

PT Certindonesia mengembangkan kegiatan surveilen sehingga representasi area dan fungsi yang tercakup dalam ruang lingkup sistem manajemen dipantau secara berkala dan memperhitungkan perubahan yang terjadi pada pelanggan tersertifikasi dan sistem manajemennya.

Kegiatan survailen terdiri dari audit lokasi dengan mengaudit pemenuhan persyaratan spesifik sistem manajemen pelanggan tersertifikasi, berkaitan dengan standar yang sertifikasinya diberikan.

Kegiatan survailen, meliputi :

  • Pertanyaan dari PT Certindonesia kepada pelanggan tersertifikasi terhadap aspek-aspek sertifikasi,
  • Pengkajian setiap pernyataan pelanggan berkenaan dengan operasionalnya (seperti bahan promosi, website),
  • Permintaan kepada pelanggan untuk menyediakan dokumen dan rekaman (pada kertas atau media elektronik), dan
  • Cara lainnya untuk pemantauan kinerja pelanggan tersertifikasi.

PT Certindonesia melaksanakan audit survailen kepada setiap pelanggan tersertifikasi satu tahun sekali.