Kebijakan Perusahaan
Ketidakberpihakan & Kemandirian

No Dok: CCI-LS-FM-01-01

PT. Certindonesia dalam melakukan kegiatan audit akan bertanggung jawab atas ketidakberpihakan kegiatan audit dan sertifikasinya. PT. Certindonesia menjaga agar bebas dari tekanan komersial, keuangan dan lainnya yang mengkompromikan ketidakberpihakannya serta mengelola konflik kepentingan dan menjamin objektivitas kegiatan sertifikasi sistem manajemennya.

Untuk mendapatkan & memelihara kepercayaan, PT. Certindonesia mendasari setiap keputusannya terhadap bukti objektif dari kesesuaian (atau ketidaksesuaian) yang diperoleh saat pelaksanaan pekerjaannya dan keputusannya tidak dipengaruhi oleh kepentingan lain atau oleh pihak lain.

Personel yang terlibat dalam kegiatan audit dan sertifikasi tidak dibayar dengan cara yang mempengaruhi hasil audit dan sertifikasi. Semua personel, baik internal maupun eksternal yang dapat mempengaruhi kegiatan audit dan sertifikasi, bertindak dengan cara tidak memihak.

Setiap personel yang terlibat dalam kegiatan audit dan sertifikasi serta penerbitan sertifikat harus menandatangani Surat Pernyataan Ketidakberpihakan,

PT. Certindonesia senantiasa mengidentifikasi risiko-risiko terhadap ketidakberpihakan, menganalisis dan mendokumentasikan kemungkinan konflik kepentingan yang timbul dari ketentuan sertifikasinya. Identifikasi risiko-risiko tersebut mencakup risiko yang timbul dari kegiatannya, kerelasiannya, atau hubungan antar personelnya. Namun demikian hubungan tersebut tidak selalu menimbulkan risiko ketidakberpihakan.

Jika risiko ketidakberpihakan diidentifikasi, PT. Certindonesia akan dapat menunjukkan bagaimana menghilangkan atau meminimalkan risiko tersebut, dan PT. Certindonesia mempunyai komitmen manajemen puncak terhadap ketidakberpihakan.

PT. Certindonesia sejauh yang diperlukan dalam melakukan pelayanannya:

  • Independen dari pihak yang terlibat,
  • Certindonesia dan personelnya tidak terlibat dalam kegiatan yang mungkin bertentangan dengan kebebasan hukum dan integritas dalam kaitannya dengan kegiatan audit dan sertifikasi,
  • Certindonesia tidak akan menjadi bagian dari sebuah badan hukum yang terlibat dalam organisasi yang diaudit/disertifikasi,
  • Certindonesia tidak akan dikaitkan dengan suatu badan hukum yang terpisah yang terlibat dalam organisasi yang diaudit
  • Certindonesia dan personelnya tidak boleh menawarkan atau memberikan audit internal kepada klien bersertifikatnya.
  • Certindonesia tidak mengalihdayakan audit ke organisasi konsultan sistem manajemen, karena hal ini menimbulkan ancaman yang tidak dapat diterima terhadap ketidakberpihakan lembaga sertifikasi.

Bekasi, 1 Oktober 2021

Disetujui


Direktur Utama

PT. Certindonesia