Banding dan Pengaduan

PT Certindonesia menetapkan proses terdokumentasi untuk menerima, menilai dan mengambil keputusan atas banding dan pengaduan.

Penjelasan proses banding dan pengaduan dapat diakses oleh publik.

Proses pengaduan meliputi:

  • Aduan tertulis terkait kegiatan sertifikasi dapat diajukan oleh klien kepada PT Certindonesia
  • Semua aduan yang diterima akan divalidasi dan diinvestigasi
  • QA Manager dapat memutuskan dan menyelesaikan aduan yang di anggap bukan hal serius
  • Untuk aduan yang dianggap serius, QA Manager membuat rekomendasi penyelesaian atas pegaduan tersebut ke Direktur
  • Hasil penyelesaian pengaduan direkam dan diinformasikan ke pengirim aduan

Proses banding meliputi:            

  • Banding atas keputusan yang belum memenuhi atau belum memuaskan dapat diajukan oleh klien kepada PT Certindonesia
  • Banding harus diajukan secara tertulis dalam waktu 30 hari sejak keputusan di terima oleh pemohon
  • Banding di rekam dan divalidasi sebelum dilakukan investigasi
  • Setelah banding diterima, pemohon akan menerima surat (paling lambat 7 hari) bahwa pemohon banding di beri hak mengirim perwakilannya untuk ikut dalam investigasi dan penyelesaian banding paling lambat 21 hari
  • Investigasi banding dilaksanakan oleh personel yang tidak terlibat dalam kegiatan audit dan keputusan sertifikasi banding
  • Hasil investigasi disampaikan ke tim banding untuk pengambilan keputusan
  • Ketua tim banding dan anggotanya memberikan informasi yang relevan
  • Tim banding terdiri dari staff independen, sekretaris dan auditor yang tidak terlibat langsung dalam pembahasan
  • Semua anggota tim banding tidak boleh terlibat dalam kegiatan organisasi selama kurun waktu 2 tahun
  • Untuk kasus tertentu tim banding dapat meminta pemohon untuk memberikan materi banding
  • Tim banding harus memeriksa banding secara rinci dan membuat rekomendasi untuk pertimbangan dalam membuat keputusan akhir dan tidak mengatasnamakan perseorangan
  • Keputusan tim banding tidak dapat di ganggu gugat